SERVICE PORTFOLIO MANAGEMENT (Manajemen Layanan Portofolio)

SERVICE PORTFOLIO MANAGEMENT
(Manajemen Layanan Portofolio)

Portofolio layanan, yang memberikan pandangan manajemen-tingkat semua layanan TI ketika mereka bergerak melalui siklus hidup layanan, adalah sistem manajemen penting dalam ITIL. Ia memiliki tiga bagian:
  • Pipa layanan yang memegang informasi tentang layanan yang berada di bawah pengembangan.
  • Katalog layanan yang memegang rincian semua layanan baik yang sudah di produksi atau siap untuk pindah ke produksi.
  • Pensiunan jasa yang telah dihentikan dari penggunaan operasional. Portofolio layanan karena itu memberikan gambaran lengkap dari semua layanan dalam pengembangan untuk pengiriman masa depan, layanan produksi dan jasa yang telah datang ke akhir masa produktif. Ini adalah dasar untuk mengelola siklus penuh untuk semua layanan dalam hal kebutuhan bisnis mereka, kasus bisnis untuk investasi, sumber daya keuangan dan lainnya yang diperlukan untuk pengembangan layanan dan operasi, risiko yang terkait dengan pembangunan dan pengoperasian layanan dan, mana yang relevan, bagaimana layanan akan dibanderol.
Penyedia layanan TI, dalam hubungannya dengan bisnis, akan mengidentifikasi sejumlah peluang untuk investasi di layanan baru atau diubah IT. Sebelum salah satu peluang tersebut diubah menjadi layanan, keputusan penting harus dibuat tentang nilai dari layanan baru untuk bisnis, kapasitas penyedia layanan TI dan pasar untuk memberikan layanan, dan prioritas relatif dari layanan yang diusulkan dibandingkan dengan investasi potensial lainnya. Dengan kata lain, organisasi akan membutuhkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti:
  • Mengapa kita harus berinvestasi dalam layanan ini bukan sesuatu yang lain?
  • Apa nilai itu akan memberikan untuk bisnis?
  • Apa yang akan biaya untuk memberikan solusi layanan dan dapat kita membelinya?
  • Apakah kita memiliki sumber daya dan kemampuan untuk menyampaikan hal itu?
  • Bagaimana investasi ini sesuai dengan strategi kami yang lebih luas?
  • Apa ketergantungan dengan investasi lain yang sedang berlangsung atau sedang dipertimbangkan?

MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuan dari manajemen portofolio layanan (SPM) adalah untuk memastikan bahwa keputusan untuk berinvestasi dalam layanan IT yang sehat dan sepenuhnya selaras dengan kebutuhan dan prioritas bisnis. Setelah keputusan dibuat untuk berinvestasi, investasi harus dikelola melalui siklus hidup, dan SPM tujuan di sini adalah untuk memastikan bahwa investasi memberikan nilai optimal bagi organisasi. Sebagai sistem pendukung manajemen, portofolio layanan memungkinkan organisasi untuk menjawab pertanyaan strategis tentang layanan, pelanggan dan harga, serta membantu mengatur prioritas dan alokasi rencana sumber daya.
Tujuan dari SPM adalah untuk memastikan ada metodologi yang efektif untuk evaluasi investasi potensial. Setelah investasi yang telah disepakati, tujuan SPM adalah untuk memastikan bahwa investasi tersebut dikelola secara efektif di seluruh siklus hidup. Antara lain ini adalah tentang memastikan pengaturan tata kelola yang tepat berada di tempat, bahwa investasi dan kasus bisnis mereka dinilai ulang terhadap perubahan kondisi baik di dalam dan di luar organisasi dan realisasi manfaat dikelola dengan baik.
Tujuan dari SPM adalah
  • untuk mengembangkan dan mempertahankan portofolio layanan yang menyediakan gambaran lengkap dari semua layanan termasuk status mereka;
  • untuk menetapkan kondisi dan persyaratan untuk dimasukkan layanan baru dalam portofolio layanan;
  • untuk memastikan katalog layanan dikembangkan dan dikelola sebagai bagian dari portofolio, dan menyetujui aturan untuk mentransfer layanan ke katalog layanan mereka pindah ke transisi dan keluar dari katalog dan ketika mereka bergerak ke pensiun;
  • untuk memastikan portofolio layanan memenuhi persyaratan fungsional dan kinerja para penggunanya dan bahwa kinerjanya, ketersediaan dan keamanan bertemu setuju persyaratan;
  • untuk memastikan bahwa manajemen laporan diproduksi sesuai dengan persyaratan pelaporan setuju

KOMPONEN LAYANAN PORTOFOLIO
Portofolio layanan berisi informasi tentang layanan di seluruh siklus hidup, memberikan informasi tentang status layanan ketika mereka bergerak dari konsep melalui spesifikasi kebutuhan, persetujuan, desain, transisi ke dalam operasi hidup dan pensiun akhirnya. Informasi yang diselenggarakan pada setiap layanan mengembangkan dan perubahan ketika bergerak melalui siklus hidup. Pada bagian awal dari siklus hidup, akan ada sedikit lebih dari deskripsi layanan yang diusulkan dengan rincian
LAYANAN MANAJEMEN PORTOFOLIO
proposisi nilai, sponsor bisnis dan rincian dasar lainnya. Ketika kita bergerak melalui siklus hidup, persyaratan akan ditentukan dan baik yang berbentuk atau lintas direferensikan. Kasus bisnis akan disertakan bersama dengan rincian dana, prioritas dan risiko. Persembahan dan paket, biaya dan harga akan ditambahkan setelah dirancang dan disepakati. Pada saat layanan siap untuk pengiriman operasional, isi penuh dari portofolio layanan harus mencakup:
  • nama layanan;
  • deskripsi layanan;
  • status layanan;
  • klasifikasi layanan dan kekritisan;
  • aplikasi yang digunakan;
  • Data dan / atau data skema yang digunakan
  • proses bisnis yang didukung;
  • pemilik bisnis;
  • pengguna bisnis;
  • pemilik IT;
  • referensi tingkat layanan garansi, SLA dan SLR;
  • jasa pendukung;
  • mendukung sumber daya;
  • layanan tergantung;
  • mendukung Olas, kontrak dan perjanjian
  • Biaya jasa;
  • biaya pelayanan (jika ada);
  • pendapatan layanan (jika ada);
  • layanan metrik. Dalam rangka untuk mengelola dan memahami informasi, portofolio layanan dipisahkan secara konseptual, dan sering secara fisik, menjadi tiga komponen yang terpisah:
  • Pipa layanan, yang meliputi jasa yang belum pindah ke dalam operasi.
  • Pensiunan layanan, yang meliputi informasi mengenai layanan yang telah diambil dari penggunaan operasional dan yang dianggap nilai untuk mempertahankan informasi tentang mereka.
  • Di sela ini adalah layanan yang operasional dan memberikan kepada pelanggan. Layanan ini dilindungi oleh katalog layanan, yang dijelaskan secara lebih rinci dalam Bab 12 tentang pengelolaan katalog layanan.

MANAJEMEN LAYANAN TI

Dari perspektif yang lebih luas, portofolio layanan paling baik disertakan sebagai bagian dari sistem manajemen pengetahuan layanan penyedia layanan TI.

Layanan pipa

Layanan pipa ini menyimpan rincian semua layanan yang belum siap untuk transisi ke produksi. Ini memberikan manajemen penyedia layanan TI pandangan lengkap tentang rencana mereka untuk layanan baru dan perubahan, dan ini adalah ukuran dari visi penyedia TI untuk, dan kepercayaan pada, masa depan. Ini mencerminkan strategi layanan penyedia TI.
Katalog layanan

Katalog layanan berisi informasi tentang layanan TI yang saat ini dalam produksi atau akan menjalani transisi layanan ke produksi. Oleh karena itu, ukuran kemampuan, kemampuan, dan kepercayaan dari penyedia layanan TI saat ini untuk memberikan. Katalog layanan adalah bagian dari portofolio layanan yang tersedia bagi pelanggan dan ditulis dalam bahasa yang sesuai tujuan ini.

Jasa pensiunan

Layanan akhirnya sampai pada akhir masa manfaatnya, mungkin karena mereka tidak lagi relevan dengan kebutuhan pelanggan atau karena tidak lagi efektif biaya. Tidak ada gunanya melanjutkan dengan layanan yang tidak diinginkan atau tidak ekonomis untuk dijalankan, kecuali ada alternatif pembenaran untuk retensinya.
Informasi tentang layanan pensiunan harus dipertahankan sebagai bagian dari sistem manajemen pengetahuan layanan penyedia layanan TI selama informasi tersebut
.

PERANCANGAN KOORDINASI

MEMBAWA PORTOFOLIO
Seiring perubahan keadaan (misalnya perubahan dalam prospek ekonomi, perubahan harga bahan baku atau biaya tenaga kerja, perubahan pasar, dll.) Keputusan yang dibuat mengenai isi portofolio layanan perlu dikaji ulang. Oleh karena itu, sebagian pengelolaan portofolio layanan harus melibatkan pemantauan lingkungan komersial, sosial, ekonomi dan politik untuk mengidentifikasi kejadian yang harus memicu penilaian kembali portofolio layanan.
HUBUNGAN DENGAN PROSES MANAJEMEN LAYANAN LAINNYA

Pentingnya sepanjang siklus hidup, dan nilainya bagi semua proses dan fungsi lainnya, berarti bahwa portofolio layanan digambarkan sebagai 'tulang belakang' yang menghubungkan berbagai tahap siklus hidup bersama-sama.
MANAJEMEN LAYANAN TI

Manajemen hubungan bisnisManajemen portofolio layanan merupakan sistem manajemen penting yang mendukung cara kerja penyedia layanan TI bersamaan dengan bisnis untuk memastikan bahwa TI memberikan nilai optimal. Mengelola portofolio layanan memerlukan kolaborasi penuh dengan bisnis dan ini berarti keterlibatan dari manajemen hubungan bisnis.
Manajemen keuanganSalah satu hubungan kunci untuk pengelolaan portofolio layanan adalah dengan pengelolaan keuangan. Kontribusi pengelolaan keuangan berkaitan dengan pengembangan kasus bisnis, penilaian peluang investasi, evaluasi komparatif terhadap opsi layanan yang berbeda, evaluasi risiko keuangan dan penentuan nilai layanan. Semua ini penting bagi keputusan tentang apa yang harus disertakan dalam portofolio layanan atau dihapus dari situ.
Manajemen keuangan juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dana tersedia untuk mendukung penyampaian portofolio layanan dan untuk memastikan alokasi anggaran sesuai dengannya.

Manajemen katalog jasaKarena portofolio layanan mencakup katalog layanan, perlu ada hubungan yang erat antara manajemen portofolio layanan dan manajemen katalog jasa. Informasi di kedua elemen portofolio layanan harus konsisten.
Manajemen pemasokManajemen pemasok memastikan bahwa semua layanan pendukung dan rincian dan hubungan mereka tercermin secara akurat dalam portofolio layanan dan bahwa portofolio layanan konsisten dengan sistem informasi manajemen pemasok dan kontrak. Manajemen pemasok akan memanfaatkan informasi dalam portofolio layanan sebagai dasar untuk menegosiasikan kontrak yang mendukung.
Proses lainnyaProses pengelolaan tingkat layanan sangat bergantung pada konten dan kualitas portofolio layanan, terutama katalog layanan.
Manajemen kapasitas memiliki masukan ke dalam portofolio layanan untuk memastikan bahwa teknologi baru dipertimbangkan dalam perencanaan layanan. Portofolio layanan merupakan masukan kunci untuk manajemen kapasitas.
Pembangunan dan pemeliharaan portofolio layanan memerlukan masukan dari
Manajemen operasi TI dan manajemen teknis dan aplikasi untuk
Memastikan portofolio layanan akurat dan dapat dicapai.

MEMBAWA PORTOFOLIO

Seiring perubahan keadaan (misalnya perubahan dalam prospek ekonomi, perubahan harga bahan baku atau biaya tenaga kerja, perubahan pasar, dll.) Keputusan yang dibuat mengenai isi portofolio layanan perlu dikaji ulang. Oleh karena itu, sebagian pengelolaan portofolio layanan harus melibatkan pemantauan lingkungan komersial, sosial, ekonomi dan politik untuk mengidentifikasi kejadian yang harus memicu penilaian kembali portofolio layanan.
HUBUNGAN DENGAN PROSES MANAJEMEN LAYANAN LAINNYA

Pentingnya sepanjang siklus hidup, dan nilainya bagi semua proses dan fungsi lainnya, berarti bahwa portofolio layanan digambarkan sebagai 'tulang belakang' yang menghubungkan berbagai tahap siklus hidup bersama-sama.
MANAJEMEN LAYANAN TI

Manajemen hubungan bisnis
Manajemen portofolio layanan merupakan sistem manajemen penting yang mendukung cara kerja penyedia layanan TI bersamaan dengan bisnis untuk memastikan bahwa TI memberikan nilai optimal. Mengelola portofolio layanan memerlukan kolaborasi penuh dengan bisnis dan ini berarti keterlibatan dari manajemen hubungan bisnis.
Manajemen keuanganSalah satu hubungan kunci untuk pengelolaan portofolio layanan adalah dengan pengelolaan keuangan. Kontribusi pengelolaan keuangan berkaitan dengan pengembangan kasus bisnis, penilaian peluang investasi, evaluasi komparatif terhadap opsi layanan yang berbeda, evaluasi risiko keuangan dan penentuan nilai layanan. Semua ini penting bagi keputusan tentang apa yang harus disertakan dalam portofolio layanan atau dihapus dari situ.
Manajemen keuangan juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dana tersedia untuk mendukung penyampaian portofolio layanan dan untuk memastikan alokasi anggaran sesuai dengannya.
Manajemen katalog jasaKarena portofolio layanan mencakup katalog layanan, perlu ada hubungan yang erat antara manajemen portofolio layanan dan manajemen katalog jasa. Informasi di kedua elemen portofolio layanan harus konsisten.
Manajemen pemasokManajemen pemasok memastikan bahwa semua layanan pendukung dan rincian dan hubungan mereka tercermin secara akurat dalam portofolio layanan dan bahwa portofolio layanan konsisten dengan sistem informasi manajemen pemasok dan kontrak. Manajemen pemasok akan memanfaatkan informasi dalam portofolio layanan sebagai dasar untuk menegosiasikan kontrak yang mendukung.
Proses lainnya
Proses pengelolaan tingkat layanan sangat bergantung pada konten dan kualitas portofolio layanan, terutama katalog layanan.
Manajemen kapasitas memiliki masukan ke dalam portofolio layanan untuk memastikan bahwa teknologi baru dipertimbangkan dalam perencanaan layanan. Portofolio layanan merupakan masukan kunci untuk manajemen kapasitas.
Pembangunan dan pemeliharaan portofolio layanan memerlukan masukan dari
Manajemen operasi TI dan manajemen teknis dan aplikasi untuk
Memastikan portofolio layanan akurat dan dapat dicapai.

Sumber:
http://mjriyanto.blogspot.com/2016/06/service-portofolio-management.html
http://putrapam.blogspot.com/2017/07/10-manajemen-portofolio-layanan.html

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH DAN DEFINISI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN)